Hingga saat ini, peran guru BK (bimbingan dan konseling) di setiap sekolah bisa dikatakan hampir tidak terlihat atau bahkan kerap dilupakan. Padahal, posisi guru BK di dalam proses pendidikan sangatlah vital. Keberhasilan program guru BK dalam menjalankan tugasnya dapat mengantarkan para siswa didik tidak hanya menjadi manusia yang cerdas secara intelektual, melainkan juga memiliki emosional yang matang. Oleh karena itu, sebagaimana guru pengampu mata pelajaran pada umumnya, setiap guru BK juga harus memahami dan memiliki rancangan kerja serta metode dalam menjalankan fungsinya, sekaligus mengevaluasi kinerjanya.
Untuk itulah, di dalam buku ini, dibahas segala hal tentang evaluasi dan supervisi untuk dunia bimbingan konseling beserta panduan praktisnya. Segala penjelasan mengenai model dan pendekatan evaluasi bimbingan konseling, hambatan melakukan evaluasi bimbingan konseling serta metode yang digunakan, teknik-teknik evaluasi dalam bimbingan konseling, evaluasi peserta didik, evaluasi program, evaluasi proses, supervisi bimbingan konseling dan metodenya, hingga proses dan pengembangan instrumen serta pengaruh aliran konseling pada supervisi konseling dikupas tuntas di dalam buku ini.
Inilah buku pegangan wajib para guru dan pemerhati pendidikan, khususnya di bagian bimbingan konseling.
Selamat membaca!
Muatan buku:
• Jenis Evaluasi Program BK
• Prosedur Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah
• Hambatan Melakukan Evaluasi Bimbingan Konseling serta Metode yang Digunakan
• Model Pendekatan dalam Evaluasi
• Aspek-Aspek yang Dievaluasi
• Teknik-Teknik Evaluasi dalam Bimbingan Konseling
• Evaluasi Peserta Didik
• Evaluasi Proses
• Supervisi Bimbingan Konseling
• Metode Supervisi
• Melakukan Supervisi pada Setiap Aliran Konseling
Tidak ada komentar:
Posting Komentar