Sebagai salah satu bahasa resmi PBB, bahasa Arab memang perlu diajarkan di bangku-bangku sekolah agar generasi bangsa ini sanggup tampil dengan baik dalam pergaulan dunia dengan ras dan bangsa apa saja, khususnya bangsa Arab di wilayah Timur Tengah. Selain itu, sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar memang sudah selayaknya bahasa Arab diajarkan secara lebih serius lagi, mengingat bahasa tersebut menjadi bahasa kitab suci umat Islam.
Lalu, seperti apa perkembangan dan tata cara pelaksanaan kurikulum bahasa Arab sesungguhnya? Seperti apa praktik efektif pengajarannya? Dan, apa urgensinya?
Simaklah jawabannya di dalam buku ini. Di dalam buku ini, dijelaskan secara rinci bagaiaman perkembangan kurikulum bahasa Arab sejak mula penguyusunannya hingga kurikulum terkini. Dijelaskan pula mengenai standar kompetensi pembelajaran bahasa Arab, pengembangan bahan ajar pembelajaran bahasa Arab, implementasi pembelajaran aktif, inovatif, dan kreatif dalam pembelajaran bahasa Arab, pengembangan silabus pembelajaran bahasa Arab, hingga Pengembangan RPP pembelajaran bahasa Arab dan hal lainnya yang berkaitan dengan proses pengajaran bahasa Arab.
Dengan memahami isi buku ini, proses pembelajaran bahasa Arab yang Anda lakukan dapat berlangsung dengan baik, terarah, dan terukur hasilnya. Jika Anda guru atau dosen bahasa Arab; pemerhati atau pecinta dunia pendidikan, inilah salah satu buku yang wajib Anda miliki
Selamat membaca!
• Perkembangan Kurikulum Bahasa Arab 1984–KTSP
• Penerapan Pembelajaran Kontekstual di Kelas
• Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab
• Penilaian Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Arab
• Standar Kompetensi Pembelajaran Bahasa Arab
• Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Arab
• Pengembangan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab
• Rumusan Kompetensi Dasar
• Analisis Hasil Belajar, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar