Proses implementasi pembelajaran tematik yang telah diterapkan sejak kebijakan Kurikulum Berbasis Kompetensi hingga KTSP 2006, rupanya masih jauh panggang dari api. Meskipun buku pedoman pelaksanaan pembelajaran tematik telah disusun oleh Depdiknas ataupun Depag, tetapi masih sering ditemui kebingungan dan kesulitan dari para guru untuk menerapkan model pembelajaran tematik tersebut. Alhasil, mereka tidak mampu mengimplementasikan model pembelajaran dengan optimal, sehingga tujuan terciptanya proses pembelajaran di SD/MI yang aktif, autentik, aktif, menyenangkan, efektif, dan bermakna pun sulit terwujud. Hal ini diperburuk oleh kondisi real di lapangan: referensi yang cukup komprehensif tentang model pembelajaran tematik sangat sulit ditemukan.
Untuk itulah, buku ini hadir di hadapan Anda, sebagai solusi nyata atas problematika seputar pembelajaran tematik tersebut. Disajikan secara holistik, baik dari aspek teoretis maupun praktik dan contoh-contohnya, buku ini akan sangat membantu Anda memahami dan mengimplementasikan pembelajaran tematik secara komprehensif. Penjelasan mengenai beragam konsep dan langkah taktis seputar model-model pembelajaran, acuan dasar pembelajaran tematik, pembelajaran tematik SD/MI dalam berbagai kurikulum, perencanaan pembelajaran tematik, serta langkah-langkah penyusunan strategi pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik didedahkan secara gamblang di dalam buku ini.
Inilah buku pegangan wajib bagi para guru, mahasiswa, dan siapa pun yang memiliki kepedulian tinggi atas kemajuan pendidikan bangsa.
Selamat membaca!
Arah Pendidikan di SD/MI
Model-Model Pembelajaran
Model dan Acuan Dasar Pembelajaran Tematik
Perencanaan Pembelajaran Tematik
Menyiapkan Bahan Ajar Tematik
Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Penilaian Pembelajaran Tematik, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar