Gifted, berbakat, multitalenta, genius, atau apalah sebutannya, mungkin mayoritas kita—guru, orang tua, dan orang-orang yang memiliki perhatian khusus terhadap dunia pendidikan—masih belum begitu akrab dan belum mampu memahami sepenuhnya istilah tersebut. Padahal, pada kenyataannya, tak sedikit siswa didik yang berada dalam lingkup istilah tersebut. Mereka istimewa, berbakat. Namun, karena ketidakpahaman kita itu, anak yang berbakat tersebut lebih sering mendapat stempel buruk: nakal, bandel, atau bahkan idiot. Sehingga, kerap kali anak-anak berbakat itu telantar dan tidak mampu berkembang optimal, sebab metode pendidikan yang diberikan kepada mereka disamakan dengan metode anak didik kebanyakan. Padahal, seharusnya mereka dididik menggunakan metode khusus yang sesuai dengan bakat mereka itu.
Dalam ranah itulah buku ini hadir ke hadapan Anda. Di dalam buku ini, dijelaskan secara runtut tata cara menghadapi dan mendidik anak-anak berbakat tersebut. Mulai dari pembahasan cara mengidentifikasi keberbakatan, manajemen pendidikan anak berbakat, sampai rencana kurikulum untuk anak berbakat dan pelaksanaannya serta penjelasan berbagai layanan pendidikan untuk anak berbakat. Dengan menerapkan metode tersebut, anak-anak berbakat yang kerap dianggap sebagai “pengacau” itu pun akan dapat berkembang optimal dan tumbuh menjadi anak yang berprestasi.
Selamat membaca!
• Seputar Keberbakatan dan Anak Berbakat
• Otak, Kecerdasan, dan Keberbakatan
• Identifikasi Keberbakatan
• Kurikulum dan Instruksi Keberbakatan
• Berbagai Layanan Pendidikan Untuk Anak yang Berbakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar